Senin, 21 Mei 2018

Bersosialisasi


Bersosialisasi adalah suatu proses dimana setiap manusia mempelajari, menerima dan menyesuaikan diri dengan berbagai unsur kebudayaan dalam masyarakat, seperti adat istiadat, nilai, norma, perilaku, bahasa, dan sebagainya.

Ada satu kalimat yang mungkin sering kita dengar, sering kita baca yaitu "jika kita tidak bisa menjadi penghapus untuk menghapus kesedihan orang lain, janganlah menjadi pensil yang akan mengotori kertas"

Disaat kita masih kecil, pastinya kita selalu diajarkan tentang rasa kasih sayang, berbagi, bertanggung jawab, dan memaafkan. Namun dengan karakter dan sifat manusia yang berbeda-beda, semua ajaran atau didikan dari orang tua yang dibiasakan untuk membentuk karakter seorang anak, akan tertutup oleh hal-hal yang mungkin bisa dibilang bukan masalah yang besar. Hal itu dikarenakan faktor pergaulan, dan cara bertutur kata.

Jika kamu menabur benih yang baik, maka kamu akan memanen hasil yang baik pula. Kalimat demikianlah yang cocok untuk di jadikan sebagai pedoman hidup bersosialisasi.

Kerap kali kita mendengar pernyataan klise tentang kehidupan karena begitu banyaknya perselisihan disekitar kita yang membuat kita berfikir untuk apa kita di lahirkan di dunia.

Hanya ada satu alasan kenapa kita di lahirkan ke dunia, yaitu untuk "berjuang". Berjuang disini sangat multi tafsir, salah satu dari makna berjuang itu sendriri adalah berjuang di jalan TUHAN dan merangkul semua penghuni dunia tanpa membeda-bedakan. Satu nusa satu bangsa,  dan satu tujuan untuk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar